BACA YUK! Penjelasan Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak

Roger R. Pressman: Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak yaitu :

  • Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
  • Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
  • Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
  • Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah

 

Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak :

  • Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
  • Software design mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
  • Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
  • Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
  • Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
  • Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
  • Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
  • Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.

 

Rekayasa Perangkat Lunak dan Disiplin Ilmu Lain

Cakupan ruang lingkup yang cukup luas, membuat RPL sangat terkait dengan disiplin dengan bidang ilmu lain. tidak saja sub bidang dalam disiplin ilmu komputer namun dengan beberapa disiplin ilmu lain diluar ilmu komputer.

Bidang ilmu manajemen meliputi akuntansi, finansial, pemasaran, manajemen operasi, ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber daya manusia, kebijakan, dan strategi bisnis.

Bidang ilmu matematika meliputi aljabar linier, kalkulus, peluang, statistik, analisis numerik, dan matematika diskrit.

Bidang ilmu manajemen proyek meliputi semua hal yang berkaitan dengan proyek, seperti ruang lingkup proyek, anggaran, tenaga kerja, kualitas, manajemen resiko dan keandalan, perbaikan kualitas, dan metode-metode kuantitatif.

 

Lapisan Perangkat Lunak secara umum :

  • A Quality Focus

Awal dari membangun aplikasi yaitu mengetahui sasaran target pengguna, kualitas aplikasi seperti apa, infrastruktur bagaimana dll. Programmer akan mengetahui tingkatan fokus kualitas aplikasi yang ingin di bangun.

  • Process

Alur program harus mengetahui proses yang harus dijalani secara terurut dan tepat agar tidak terjadi kesalahan pada saat aplikasi selesai.

  • Method

Metode merupakan langkah-langkah dan tindakan yang sesuai dijalankan dengan metode yang ada, metode tersebut harus disesuaikan dengan perangkat lunak yang dibangun.

  • Tools

Tools atau alat bantu untuk menyelesaikan proyek yang dibuat. Berbagai tools seperti multimedia, animasi. Misalnya axure, adobe, x3d.

 

Sumber :

Presman, Rouger S, Software Enigineering, 4th Edition, Mc. Graw Hill,1997.

http://fairuzelsaid.com/konsep-dasar-rekayasa-perangkat-lunak-rpl/

Software Layer (Lapisan Perangkat Lunak)