Analisa Perencanaan Apa Saja Ya?

Merangkum dalam buku Software Enginnering, Edisi 9, Penulis,Ian Sommerville. Halaman 623 – 626 mengenai Project Planning (23).

Dalam proyek pembangunan rencana proyek menetapkan sumber daya yang tersedia untuk proyek rincian pekerjaan, dan jadwal untuk melaksanakan pekerjaan. Rencana mengidentifikasi risiko untuk proyek dan perangkat lunak dalam pengembangan, dan pendekatan yang diambil manajemen risiko. Rincian spesifik dari perencanaan proyek sangat tergantung pada jenis organisasi yang diaplikasikan, perencanaan proyek mencakup sebagai berikut:

  1. Introduction :

            Secara singkat menjelaskan tujuan dari proyek dan menetapkan batasan (misalnya anggaran, waktu, dll) yang mempengaruhi manajemen proyek.

  1. Project Organization :

            Menggambarkan cara di mana tim pengembangan mengatur orang yang terlibat, dan setiap peran dalam tim

  1. Risk Analysis:

            Menggambarkan kemungkinan risiko proyek akan timbul, dan strategi untuk pengurangan manajemen risiko yang diusulkan.

  1. Hardware and software Resource Requirement :

            Menentukan Software dan Hardware yang diperlukan untuk melaksanakan proyek. Jika Hardware dan Software telah didapat, maka perkiraan harga dan jadwal pengiriman dapat disertakan.

  1. Work Breakdown :

            Rincian proyek dalam kegiatan dan mengidentifikasi yang terjadi (milestones)  dan penyerahan yang terkait dengan setiap aktivitas. Milestones  adalah kunci utama tahap dalam proyek dapat dinilai.

  1. Project Schedule :

            Menunjukkan hubungan antar kegiatan, perkiraan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan masing-masing, dan alokasi orang untuk kegiatan.

  1. Monitoring and Reporting Mechanisms :

            Mendefinisikan laporan manajemen yang harus dijalankan dan mekanisme proyek untuk digunakan pengawasan.

Selain perencanaan proyek utama, yang harus fokus pada risiko untuk proyek dan jadwal proyek dapat dikembangkan sejumlah tambahan rencana untuk mendukung kegiatan proses lainnya seperti manajemen pengujian. Contoh rencana tambahan yang mungkin ditampilkan gambar 1.1.

Gambar 1.1 The Project Planning Process

Proses Perencanaan

Perencanaan proyek adalah suatu proses berulang yang dimulai ketika membuat awal rencana proyek selama fase startup proyek. Gambar 1.1 adalah UML activity  diagram yang menunjukkan workflow untuk sebuah proyek proses perencanaan. Perubahan rencana bisa terjadi. Sebagai informasi lebih lanjut tentang sistem dan tim proyek menjadi tersedia selama proyek teratur harus mengganti rencana persyaratan, jadwal, dan risiko perubahan. Mengubah tujuan juga menyebabkan perubahan dalam rencana proyek.

Pada awal proses perencanaan, harus menilai kendala-kendala yang mempengaruhi proyek tersebut. Milestones adalah titik dalam jadwal yang Anda dapat menilai kemajuan, misalnya, penyerahan sistem untuk pengujian. Deliverables adalah proses kerja yang disampaikan kepada pelanggan contohnya dokumen persyaratan untuk sistem.

Proses memasuki pengulangan (looping). Menyusun jadwal perkiraan proyek dan kegiatan-kegiatan yang lain. Setelah itu melihat kemajuan dan perbedaan dari jadwal yang direncanakan. Perencanaan proyek diperkirakan  berubah ke rencana semula.

Jika ada masalah serius dengan pembangunan yang mungkin menyebabkan penundaan, Diperlukan melakukan tindakan risiko untuk mengurangi risiko kegagalan proyek.

Hasil peninjauan keputusan untuk membatalkan proyek ini mungkin hasil dari kegagalan teknis. Waktu pengembangan untuk sebuah proyek perangkat lunak sering berjalannya waktu. Tujuan bisnis pasti berubah, perubahan-perubahan tersebut berarti perangkat lunak tidak lagi diperlukan atau persyaratan proyek tidak bisa digunakan. Manajemen mungkin memutuskan untuk menghentikan pengembangan perangkat lunak atau membuat perubahan besar untuk proyek supaya mencerminkan perubahan dalam tujuan organisasi.